Minggu, 18 Oktober 2009

Raflesia Arnoldi - Bunga Terbesar di Dunia

Raflesia Arnoldi - Bunga Terbesar di Dunia
Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah



Raflesia Arnoldi adalah bunga khas yang tumbuh di kawasan hutan bukit barisan Provinsi Bengkulu. Keunikan bunga ini adalah selain dari bentukya yang jauh lebih besar dari ukuran bunga pada umumnya juga karena proses pemunculannya yang tiba-tiba tanpa memiliki bentuk pohon tertentu. Menurut berbagai ahli botani, bunga ini diidentifikasi sebagai bunga terbesar di dunia.

Ditemukan pertama kali oleh Sir Thomas Stanford Rafless dan dokternya Sir Arnoldi pada masa kolonialisasi Inggris di Bengkulu, maka bunga ini menjadi tenar dan dipublikasikan dalam berbagai laporan serta catatan Sir Rafless. Oleh sebab itulah kemudian bunga ini diberi nama Raflesia Arnoldi.

Bunga ini kerap tumbuh di hutan bukit barisan di Desa Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah dan juga disekitar Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang. Menurut berbagai keterangan tubuh utama tanaman ini sesungguhnya merambat di dalam tanah. Pada periode-periode tertentu terutamanya pada musim hujan tanaman tersebut akan berbunga yang muncul secara langsung di atas permukaan tanah. Dikelilingi lima lembar kelopak di sekitar lingkaran putiknya, bunga ini tampil dengan warna merah tua berhias bintik-bintik yang unik dan eksotik. Dengan lebar keseluruhan mencapai 75 sampai 125 centimeter bunga ini diklaim sebagai salah satu bunga terbesar di dunia yang tumbuh di alam bebas. (La Fortuna)

Tidak ada komentar: